%A MAYEFIS, DELLADARI %A HALIM, AUZAL %A HALIM, RIDA %D 2017 %T Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat terhadap Kepuasan Pasien Apotek X Kota Padang %K %X Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan informasi obat berdasarkan dimensi kualitas jasa yang terdiri dari variabel-variabel reliability (kehandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati) dan tangible (nyata) serta kepuasan pasien. Variabel-variabel tersebut digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan informasi obat terhadap kepuasan pasien di Apotek X Kota Padang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden, teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda dengan menggunakan uji-t, uji-F dengan taraf signifikansi α = 5%, serta uji- R2 dengan program SPSS versi 17,0. Hasil dari penelitian menunjukkan kualitas pelayanan informasi obat dimensi reliability, responsiveness, assurance , empathy dan tangible bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Apotek X Kota Padang sebesar 16,7% (F-hitung = 3,771, p=0,004). Dimensi yang paling memuaskan pasien adalah dimensi yang mempunyai gap paling kecil, yaitu dimensi emphaty (-0.90). %U http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/view/86 %J JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA %0 Journal Article %P 201-204%V 13 %N 2 %@ 2614-6495 %8 2017-09-23