Pengetahuan Asma: Pengaruh Pemberian Buku Edukasi Asma Terhadap Peningkatan Pengetahuan Guru-guru Sekolah Dasar

  • KHAIRUNNISA KHAIRUNNISA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
  • HARI RONALDO TANJUNG UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Abstrak

Pengetahuan guru terhadap penyakit asma dan perawatannya adalah sangat penting agar guru-guru dapat memberikan bantuan yang diperlukan oleh murid-murid di sekolah dasar yang mengalami serangan asma ketika waktu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh edukasi berupa buku untuk meningkatkan pengetahuan guru sekolah dasar terhadap penyakit asma dan perawatannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan kuesioner dan bahan edukasi berupa buku “Asma: Peranan Guru dalam Pengobatan Asma di Sekolah”. Penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yakni: (1) menilai tingkat pengetahuan guru sebelum edukasi, (2) pemberian buku edukasi, dan (3) menilai kembali tingkat pengetahuan guru setelah edukasi. Sebanyak 48 orang guru dari 3 Sekolah Dasar di Kecamatan Medan Deli terlibat dalam penelitian ini. Secara umum tingkat pengetahuan mereka terhadap asma sebelum diberikan edukasi adalah cukup rendah. Setelah pemberian edukasi pengetahuan guru meningkat hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah guru yang menjawab benar pada setiap pertanyaan yang diberikan. Terjadi peningkatan sebanyak hampir 30% guru menjawab benar pada pertanyaan mengenai penyebab asma setelah pemberian buklet dan sekitar 20% untuk pertanyaan mengenai gejala, dan perawatan asma. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan edukasi berupa buku “Asma: Peranan Guru dalam Pengobatan Asma di Sekolah” mempunyai pengaruh untuk meningkatkan pengetahuan guru-guru mengenai penyakit asma dan perawatannya.

Referensi

1. NAEPP. Expert panel report 3: Guidelines for the diagnosis and management of asthma. Bethesda: US Departement of Health and Human Services; 2007.
2. ISAAC. The global asthma report 2011. Paris: The International Union Against Tuberculosis and Lung Disease; 2011.
3. Abdel Gawwad ES and El-Herishi S. Asthma education for school staff in Riyard city: Effectiveness of Pamphlets as an educational Tools. J Egypt Public Health Assoc. 2007. 82(1-2):147-71.
4. Khairunnisa. Development and evaluation of intervention tools to improve primary school teachers knowledge on asthma and its management in Penang, Malaysia [dissertation]. Penang: Universiti Sains Malaysia; 2012.
5. NAEPP. Asthma and physical activity in the school. Bethesda: NIH Publication; 2012.
6. Ones U, Akcay A, Tamay Z, Guler N, Dogru M. Asthma knowledge level of primary school teachers in Istambul, Turkey. Asian Pacific Journal of Allergy and Immunology. 2006. 24:9-15.
Diterbitkan
2014-04-30
##submission.howToCite##
KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA; TANJUNG, HARI RONALDO. Pengetahuan Asma: Pengaruh Pemberian Buku Edukasi Asma Terhadap Peningkatan Pengetahuan Guru-guru Sekolah Dasar. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 139-144, apr. 2014. ISSN 2614-6495. Tersedia pada: <http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/view/198>. Tanggal Akses: 10 aug. 2025
Bagian
Articles