Pengetahuan Asma: Pengaruh Pemberian Buku Edukasi Asma Terhadap Peningkatan Pengetahuan Guru-guru Sekolah Dasar
Abstrak
Pengetahuan guru terhadap penyakit asma dan perawatannya adalah sangat penting agar guru-guru dapat memberikan bantuan yang diperlukan oleh murid-murid di sekolah dasar yang mengalami serangan asma ketika waktu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh edukasi berupa buku untuk meningkatkan pengetahuan guru sekolah dasar terhadap penyakit asma dan perawatannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan kuesioner dan bahan edukasi berupa buku “Asma: Peranan Guru dalam Pengobatan Asma di Sekolah”. Penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yakni: (1) menilai tingkat pengetahuan guru sebelum edukasi, (2) pemberian buku edukasi, dan (3) menilai kembali tingkat pengetahuan guru setelah edukasi. Sebanyak 48 orang guru dari 3 Sekolah Dasar di Kecamatan Medan Deli terlibat dalam penelitian ini. Secara umum tingkat pengetahuan mereka terhadap asma sebelum diberikan edukasi adalah cukup rendah. Setelah pemberian edukasi pengetahuan guru meningkat hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah guru yang menjawab benar pada setiap pertanyaan yang diberikan. Terjadi peningkatan sebanyak hampir 30% guru menjawab benar pada pertanyaan mengenai penyebab asma setelah pemberian buklet dan sekitar 20% untuk pertanyaan mengenai gejala, dan perawatan asma. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan edukasi berupa buku “Asma: Peranan Guru dalam Pengobatan Asma di Sekolah” mempunyai pengaruh untuk meningkatkan pengetahuan guru-guru mengenai penyakit asma dan perawatannya.
Referensi
2. ISAAC. The global asthma report 2011. Paris: The International Union Against Tuberculosis and Lung Disease; 2011.
3. Abdel Gawwad ES and El-Herishi S. Asthma education for school staff in Riyard city: Effectiveness of Pamphlets as an educational Tools. J Egypt Public Health Assoc. 2007. 82(1-2):147-71.
4. Khairunnisa. Development and evaluation of intervention tools to improve primary school teachers knowledge on asthma and its management in Penang, Malaysia [dissertation]. Penang: Universiti Sains Malaysia; 2012.
5. NAEPP. Asthma and physical activity in the school. Bethesda: NIH Publication; 2012.
6. Ones U, Akcay A, Tamay Z, Guler N, Dogru M. Asthma knowledge level of primary school teachers in Istambul, Turkey. Asian Pacific Journal of Allergy and Immunology. 2006. 24:9-15.
Licencing
All articles in Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia are an open-access article, distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium.
This licence applies to Author(s) and Public Reader means that the users mays :
- SHARE:
copy and redistribute the article in any medium or format - ADAPT:
remix, transform, and build upon the article (eg.: to produce a new research work and, possibly, a new publication) - ALIKE:
If you remix, transform, or build upon the article, you must distribute your contributions under the same license as the original. - NO ADDITIONAL RESTRICTIONS:
You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
It does however mean that when you use it you must:
- ATTRIBUTION: You must give appropriate credit to both the Author(s) and the journal, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
You may not:
- NONCOMMERCIAL: You may not use the article for commercial purposes.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.