Aktivitas Antibakteri Isolat bakteri X2 yang Berasosiasi Spons Xestospongia testudinaria dari Pantai Pasir Putih Situbondo terhadap Bakteri Pseudomonas aeruginosa

  • YATNITA PARAMA CITA UNIVERSITAS INDONESIA
  • OCKY KARNA RADJASA UNIVERSITAS DIPONEGORO
  • PRATIWI SUDHARMONO UNIVERSITAS INDONESIA

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengisolasi dan menguji aktivitas antibakteri dari isolat bakteri X2 yang berasosiasi dengan spons Xestospongia testudinaria dari Pantai Pasir Putih Situbondo. Isolasi bakteri dilakukan dengan metoda pour plate kemudian koloni bakteri yang diperoleh dimurnikan dengan metode streak plate. Isolat bakteri X2 dihasilkan 12 isolat bakteri yang akan diuji aktivitas antibakteri terhadap bakteri uji Klebsiella pneumonia, Pseudomonas aeruginosa dan Salmonella typhii menggunakan metode overlay. Hasil uji mendapatkan isolat X2-10 yang aktif terhadap P. aeruginosa ATCC27853 dan MDR dengan menggunakan metode difusi agar. Karakterisasi isolat X2-10 dilakukan dengan uji pewarnaan Gram, uji biokimia dan identifikasi dengan 16s-rRNA. Hasil penelitian menunjukkan isolat bakteri X2-10 yang berasosiasi dengan spons X. testudinaria memiliki aktivitas antimikroba terhadap bakteri P. aeruginosae ATCC27853 dan MDR dan hasil karakterisasi dari isolat bakteri X2-10 merupakan B. licheniformis.

Published
2017-09-04
How to Cite
CITA, YATNITA PARAMA; RADJASA, OCKY KARNA; SUDHARMONO, PRATIWI. Aktivitas Antibakteri Isolat bakteri X2 yang Berasosiasi Spons Xestospongia testudinaria dari Pantai Pasir Putih Situbondo terhadap Bakteri Pseudomonas aeruginosa. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 206-211, sep. 2017. ISSN 2614-6495. Available at: <http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/view/32>. Date accessed: 24 may 2024.
Section
Articles