Isolasi Senyawa Depside-Depsodone dari Lichen Sumatera (Stereocaulon halei) dan Uji Aktivitas Antimikroba serta Anti Tuberkulosis

  • FRIARDI ISMED UNIVERSITAS ANDALAS
  • SRI HARTATI UNIVERSITAS ANDALAS
  • RAMA MULYADI UNIVERSITAS ANDALAS
  • HANIF ERONI PUTRA UNIVERSITAS ANDALAS
  • NAURA PRIMA VIDIAN UNIVERSITAS ANDALAS
  • DEDDI P PUTRA UNIVERSITAS ANDALAS

Abstract

Investigasi fitokimia dari Lichen Sumatera (Stereocalon halei Lamb) yang dikoleksi di Gunung Singgalang, Sumatera Barat telah dilakukan. Depsid, atranorin dan depsidon, asam lobarat dapat diisolasi dan dipurifikasi secara singkat dari ekstrak etil asetat (15,88 g) masing-masing sebanyak 4,6 g dan 1,18 g. Penentuan struktur dari dua senyawa hasil isolasi diidentifikasi menggunakan 1H dan 13C RMI. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian anti mikroba dari setiap ekstrak dan isolat hasil isolasi menggunakan metode difusi agar terhadap bakteri Gram positif (S. aureus, E. faecalis) dan bakteri gram negatif (E. coli, S. thyphosa, S. typhimurium dan P. aureginosa). Pada pengujian anti tuberkulosis, masing-masing ekstrak dan senyawa hasil isolasi memperlihatkan hambatan terhadap pertumbuhan bakteri M.tuberculosis H37Rv menggunakan media Lowenstein Jensen. Asam lobarat dan atranorin memberikan aktivitas yang besar dalam menghambat bakteri S. aureus dengan konsentrasi hambat minimum (KHM) 0,0125%, sedangkan terhadap M. tuberculosis H37Rv keduanya memiliki KHM 5 μg/ mL.

Published
2017-09-04
How to Cite
ISMED, FRIARDI et al. Isolasi Senyawa Depside-Depsodone dari Lichen Sumatera (Stereocaulon halei) dan Uji Aktivitas Antimikroba serta Anti Tuberkulosis. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 49-56, sep. 2017. ISSN 2614-6495. Available at: <http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/view/49>. Date accessed: 24 feb. 2024.
Section
Articles