Hubungan Rasionalitas Pengobatan dan Self-care dengan Pengendalian Glukosa Darah pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Husada Cibinong

  • SESILIA ANDRIANI KEBAN UNIVERSITAS PANCASILA
  • ULFA AYU RAMDHANI UNIVERSITAS PANCASILA

Abstract

Diabetes melitus (DM) merupakan kelompok penyakit metabolik yang bila tidak terkendali dengan baik dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Pengobatan yang rasional pada penderita DM diduga dapat mengendalikan glukosa darah karena pasien menerima obat sesuai dengan kebutuhan klinisnya. Selain pengobatan yang rasional, penderita DM harus mampu melakukan self-care yang merupakan perawatan diri secara mandiri untuk meningkatkan kualitas hidup dan mencegah komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasionalitas pengobatan dan self-care dengan pengendalian glukosa darah pasien DM tipe II di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit (RS) Bina Husada Cibinong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif maupun prospektif terhadap 109 pasien DM tipe 2 selama periode Maret-Mei 2015. Digunakan kuesioner Diabetes Self-Management Questionnaire untuk mengakses self-care. Hasil penelitian menunjukkan data demografi pasien DM tipe 2 adalah 57,80% wanita dan 42,20% pria dengan kisaran usia terbanyak yaitu 46-55 tahun (49,54%). Persentase pengobatan yang rasional cukup tinggi yaitu 61,47%, sedangkan self care pasien sebagian besar (69,72%) berada pada kriteria “baik” dan sisanya (30,28%) pada kriteria “cukup”. Pada uji korelasi Chi-square independen ditemukan tidak adanya hubungan antara rasionalitas pengobatan dan self care dengan pengendalian glukosa darah (p > 0,05). Hal ini menunjukkan kemungkinan adanya faktor lain yang dapat mempengaruhi pengendalian glukosa darah.

Published
2017-09-04
How to Cite
KEBAN, SESILIA ANDRIANI; RAMDHANI, ULFA AYU. Hubungan Rasionalitas Pengobatan dan Self-care dengan Pengendalian Glukosa Darah pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Husada Cibinong. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 66-72, sep. 2017. ISSN 2614-6495. Available at: <http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/view/53>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles