Antioxidant Compound from The Rhizomes of Kaempferia Angustifolia Collected from Purworejo, Central Java Secondary Forest

  • L.B.S. Kardono Research Center for Chemistry, Indonesian Institute of Sciences Serpong
  • Minarti Minarti Universitas Pancasila
  • B. Sutaryo Universitas Pancasila
  • K. Kawanishi Kobe Pharmaceutical University, Higashinada-ku, Kobe, Japan

Abstract

Kaempferia angustifolia Rosc. (Zingiberaceae) dan K. rotunda L. di Jawa dikenal sebugai Kunci pepet dan Kunir putih. Kedua macam tumbuhan tersebut biasanya tumbuh di daerah hutan sekunder di Jawa. Rhizoma dari K. angustifolia berbentuk serbuk kering atau tunbuhan segar biasa dijual di pasar tradisional di Indonesia, dan dikenal sebagai pencegah dan pengobatan kanker secara tradisional. Ekstrak khloroform dari rhyzoma K. Angustifolia menunjukkan efek antioksidan (scavenging) yang signifikan terhadap radikal bebas 1,7-difenil2 pikril hidrasil (DPPH). (IC50 = 370 ug/mL). Dua macam senyawa dari ekstrak khloroforin telah diisolasi dan diidentifikasi. Senyawa 1, suatu khalkon yang telah dikenal, yaitu, 2'hidroksi-4', 4', 6'-trimetoksi khalkon adalah senyawa yang aktif (IC5, = 97 ug/mL). Senyuwu 2, suatu sikloheksan epoksid yang telah dikenal, (+)-krotepoksida, tidak aktif (IC;, = 690 ugi mL) Struktur senyawa 1 dan 2 diidentifikasi berdasarkan data spektroskopik, MS dan 2DNMR (HMQC dan HMBC) dan dibandingkan dengan data yang telah dipublikasikan.

References

1. Heyne, K. 1987. Tanaman Berguna Indonesia. Jilid III. Cetakan ketiga. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Jakarta.

2. Wijayakusuma, H., S. Dalimarta & A.S. Wirian. 1991. Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia. Jilid III. Pustaka Kartini, Jakarta

3. Dalimarta, S. 1999. Ramuan Tradisional untuk Pengobatan Kanker. PT Penebar Swadaya, Jakarta.

4. Peirini, O., T.N.Sieber,L.Toti & 0. Viret. 1992. Ecology, metabolite production and substrate utilization in endophytic fungi. Nat. Toxins. 1: 185 - 196.

5. Wahyudi, P. 1997a. Teknik Skrining Mikroba Endofitik Penghasil Antibiotika Baru. Laporan Teknis Intern BPPT. Jakarta

6. Wahyudi, P. 1997b. Mikroba Endofitik sebagai Penghasil Materi yang Bermanfaat. Laporan Teknis Intern BPPT. Jakarta.

7. Bacon, C.W. 1988. Procedur for isolating the endophytic from tall fescue and screening isolates for ergot alkaloids. Appl. Environ. Microbiol. 54:2615 - 2618.
How to Cite
KARDONO, L.B.S. et al. Antioxidant Compound from The Rhizomes of Kaempferia Angustifolia Collected from Purworejo, Central Java Secondary Forest. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 8-14, apr. 2003. ISSN 2614-6495. Available at: <http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/view/663>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles