Molecular Identification and Characterization Of Ganoderma boninense

  • Agus Masduki Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Bioindustri BPPT
  • Nadirman Haska Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Bioindustri BPPT
  • Takashi Mikawa Mitsubishi Chemical Corporation - Yokohama Research Center- JAPAN

Abstract

Infeksi Ganoderma pada tanaman kelapa sawit merupakan permasalahan utama dalam pengendalian penyakit pada perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Sampai saat ini infeksi Ganoderma baru diketahui setelah muncul tubuh buahnya pada batang tanaman kelapa sawit, dan pada saat itu tanaman kelapa sawit sudah tak bisa dipertahankan lagi dan tingkat penyebarannya sudah meluas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi spesies Ganoderma yang banyak menyerang tanaman kelapa sawit di Indonesia baik dari segi morfologinya maupun dengan pendekatan biologi molekuler, yaitu berdasarkan pada peta genetik (sequence) 18S rRNA dan ITS (Internal Transcribe Spacer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ganoderma yang banyak menyerang tanaman kelapa sawit di Indonesia adalah Ganoderma boninense. Dari hasil karakterisasi telah didapatkan peta genetik spesifik (specific sequences) ITS dari Ganoderma boninense dibandingkan dengan spesies Ganoderma yang lain, sehingga peta genetik spesifik ini dapat dijadikan dasar untuk mendeteksi secara dini adanya serangan Ganoderma boninense pada areal perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Pendeteksian secara dini terhadap serangan Ganoderma ini akan sangat bermanfaat untuk menentukan proses penanganannya dan pada akhirnya diharapkan akan dapat meminimalisasi tingkat kerugian yang terjadi (1).

References

1. Steyaert (1967). Basal stem rol of oil palm in Malaysia and Indonesia (Internal report).

2. Hanahan,D (1983). Studies on transformation of Escherichia coli with plasmids. J. Mol. Biol. 166: 11-14.

3. Hanahan,D., Jessee,J., and Bloom,F.R. (1991). Plasmid transformation of Escherichia coli and others bacteria. Methods Enzymol.. 63 - 113.

4. Samborok,J., Fritsch,E.F., and Maniatis,T. (1989). Molecular cloning : A laboratory Manual, 2 nd ed. Cold Spring Harbor Laboratory Press, Cold Spring Harbor, NY.

5. Studier,F.W., Rosenberg, A.H., Dunn,J.J., and Dubendorf,J.W. (1990). Use of T7 RNA polymerase to direct expression of clone genes. Methods Enzymol., 185, 69 - 89.

6Tartof,K.D. and Hobbs,C.A. (1987). Improved media for growing plasmid and cosmid clones. Bethesda Res.Lab. Focus. 9:12.

7. Viera,J., and J. Messing. (1987). Production of single-stranded plasmid DNA. Methods Enzymol. 153, 3 -11.
How to Cite
MASDUKI, Agus; HASKA, Nadirman; MIKAWA, Takashi. Molecular Identification and Characterization Of Ganoderma boninense. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 21-26, apr. 2003. ISSN 2614-6495. Available at: <http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/view/665>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles