Pengembangan Ekstrak Protein Udang Jerbung (Penaeus merquiensis) Lokal Indonesia sebagai Reagent Uji Alergi dengan Metode Skin Prick Test (SPT)

  • SRI YADIAL CHALID UIN SYARIF HIDAYATULLAH
  • DAHRUL SYAH INSTITUT PERTANIAN BOGOR
  • PUSPO EDI GIRIWONO INSTITUT PERTANIAN BOGOR
  • FRANSISKA RUNGKAT ZAKARIA INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Abstract

Jerbung merupakan jenis udang yang tersebar luas pada perairan Indonesia dan merupakan alergen utama penyebab alergi seafood. Sampai saat ini, menghindari semua penyebab dan pencetus alergi merupakan cara terbaik untuk pengobatan penyakit alergi. Menghindari makanan tertentu layaknya ditegakkan berdasarkan uji alergi seperti skin prick test (SPT). Skin prick test merupakan uji alergi yang umum digunakan untuk menentukan alergen penyebab alergi yang dimediasi oleh IgE. Bahan utama SPT adalah ekstrak protein yang disebut dengan reagent. Protein jerbung diekstrak dari dagingnya menggunakan phospate buffer saline (PBS), kemudian dianalisis menggunakan SDS-PAGE dan konsentrasi proteinnya ditentukan dengan uji Bradford. Ekstrak protein diformulasi sebagai reagen SPT dengan mengikuti standardisasi European Pharmacopoeia Monograph on Allergen Products 7 (2010:1063). Sebanyak 24 subyek alergi makanan dan 16 subyek non alergi makanan dicukitkan ekstrak protein udang jerbung pada kulit tangan bagian bawah. Serum subyek dikumpulkan untuk pengujian IgE total, IgE spesifik dan immunobloting secara in vitro. Sensitivitas ekstrak protein udang jerbung pada penelitian ini adalah 95% dengan kesalahan negatif sebesar 5%, spesifitas sebesar 94% dengan kesalahan positif 6%. Hasil immunobloting menunjukkan bahwa 9 di antara 10 serum subyek alergi udang jerbung yang diuji mampu berikatan secara spesifik (90%) dengan protein reagent udang jerbung pada kisaran berat molekul 28-63 kDa.

Published
2017-09-23
How to Cite
CHALID, SRI YADIAL et al. Pengembangan Ekstrak Protein Udang Jerbung (Penaeus merquiensis) Lokal Indonesia sebagai Reagent Uji Alergi dengan Metode Skin Prick Test (SPT). JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 205-215, sep. 2017. ISSN 2614-6495. Available at: <http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/view/87>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles