Penapisan Virtual dan Elusidasi Moda Ikatan Analog Kurkumin pada Enzim Siklooksigenase-2 Menggunakan Protokol EE_COX2_V.1.0

  • ESTI MUMPUNI UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • ARIEF NURROCHMAD UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • UMAR ANGGARA JENIE UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • HARNO DWI PRANOWO UNIVERSITAS GADJAH MADA

Abstract

Kurkumin adalah senyawa fenol bewarna kuning yang terkandung dalam Curcuma longa. Kurkumin diketahui memiliki aktivitas biologi antara lain sebagai inhibitor beberapa enzim metabolisme. Modifikasi struktur kurkumin telah banyak dilakukan. Pada penelitian ini dilakukan penapisan virtual dan elusidasi moda ikatan analog kurkumin menggunakan EE_COX2_V.1.0 sebagai protokol skrining virtual berbasis struktur yang telah tervalidasi. Pengaturan simulasi docking dilakukan menggunakan berbagai aplikasi yang terintegrasi seperti SPORES, PLANTS, BKchem, OpenBabel dan Pymol yang dapat mengidentifikasi senyawa inhibitor siklooksigenase-2 (COX-2). Dari hasil penapisan virtual didapatkan senyawa demetoksikurkumin dengan 3 residu asam amino dan 1,7-bis(3-metoksifenil)-1,6-heptadien-3,5-dion dengan 6 residu asam amino aktif in silico sebagai inhibitor COX-2.

Published
2017-09-23
How to Cite
MUMPUNI, ESTI et al. Penapisan Virtual dan Elusidasi Moda Ikatan Analog Kurkumin pada Enzim Siklooksigenase-2 Menggunakan Protokol EE_COX2_V.1.0. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 235-241, sep. 2017. ISSN 2614-6495. Available at: <http://jifi.farmasi.univpancasila.ac.id/index.php/jifi/article/view/99>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles